06 November 2009 | 15 comments | Sibaho Way

Konsistensi, Kompetensi dan Sinergi ( 3 - Final )

Buat aktivitas ngeblog, apa yang bisa kita dapat dari kisah Kancil dan Kura-Kura kemarin, terutama buat para blogger matre :P
Oh ya, bagi yang belum membaca kisahnya, bisa membuka kembali 2 postingan sebelumnya: Bagian 1 dan Bagian 2.

Begini kira-kira:
  1. Konsistensi. Konsistensi itu penting sekali, katakan mulai dari hal kecil seperti update blog dan blogwalking. Walau belum bisa menghasilkan dollar (kenapa tidak, menghasilkan dollar dari blog), harus tetap konsisten menulis. Ingat pelajaran dari Kura-Kura, biar lambat asal konsisten, dapat memenangkan pertandingan.
    Lihat saja Fanda yang membutuhkan waktu 3 tahun untuk mendapatkan 500 dollar pertamanya dari Adsense. Dan orang seperti Mas Cosa, Priyadi atau Isnaini juga tidak dalam waktu yang pendek untuk bisa seperti sekarang.
    Lalu bagaimana dengan pernyataan; Cepat dan konsisten akan mengalahkan yang lambat dan konsisten? Ini pun memungkinkan juga. Banyak kok mahasiswa-mahasiswa di Jogja, Bandung yang berkibar meraup dollar hingga 500 dollar per bulan, dan hebatnya hanya dalam hitungan bulan. Ya. Mereka bergerak cepat dan konsisten dalam menaikkan popularitas blognya. Dan bisa!
  2. Kompetensi. Ini sangat diperlukan di luar konsistensi. Katanya, adalah lebih bagus membuat blog niche specific daripada niche general. Niche specific membutuhkan suatu kompetensi. Membuat template, menulis tentang buku, belajar SEO, Gadget dan masih banyak.
    Bagaimana dengan Niche general? Jangan khawatir. Blog mahasiswa-mahasiswa yang saya sebut di atas tadi rata-rata ber-niche general dan mereka banyak mendapatkan job-job review.
    Jadi hampir sama dengan Kura-Kura, dalam monetisasi blog, kita bisa bermain di mana saja sesuai dengan kompetensi yang kita miliki. Jika hanya bisa menulis saja pun, PTR bisa diandalkan kok.
  3. Sinergi. Ini yang paling dahsyat. Lihat saja blog-nya Pak Marsudiyanto yang ber-niche general tapi ramai pengunjung. Ramai pengunjung berarti traffic bagus dan penyedia job review pasti suka. Berita buruknya, beliau mengaku tidak bisa menulis dalam Bahasa Inggris sebagai persyaratan utama berbisnis PTR.
    Tapi beliau tidak habis akal dengan rumus buatannya kebersamaan + kepercayaan = pendapatan. Dan kita pun bisa mencontohnya dengan mudah.
    Ya. Sinergi. Untuk mencapai satu tujuan, kita para blogger harus bisa bersinergi. Saling bantu membantu menaikkan pagerank, berbagi backlink dan masih banyak lagi caranya. Poin sinergi adalah mengalahkan kondisi/keadaan, bukan sesama blogger.

Apa ketiga hal di atas menjamin keberhasilan? Belum tentu juga :D Tapi ingatlah semangat Kancil dan Kura-Kura; Tidak pernah menyerah walau berulangkali gagal. Dan saya yakin kita lebih kuat dari Kancil dan Kura-Kura !

Ini sedikit insight dari saya, semoga bisa bermanfaat. Tulisan ini sejatinya menyemangati saya pribadi untuk tetap berjuang.

Selamat Malam Bahoomian, salam hangat Sibaho untuk Anda sekeluarga. Selamat berakhir pekan.

Related Post



15comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites