26 January 2009 | 26 comments | Sibaho Way

Competence requirement to monetize a blog

Sering 'ngiler' juga jika melihat para blogger yang menghasilkan uang dari blog, baik yang sudah kampiun maupun yang masih kelas pemula. Ada yang baru ngeblog (dengan serius) pertengahan 2008, sekarang sudah mendapatkan US$ 500 per bulan. Dahsyat! Ini menunjukkan, ngeblog juga bisa dijadikan profesi. Saya yang bekerja 8jam sehari dan 5hari seminggu belum digaji sedemikian besar. Apalagi mereka yang sudah 'karatan' di dunia blog dan mengelola puluhan blog. Kepala jadi nyut-nyutan melihat angka ribuan dollar yang mereka dapatkan dari blog. Kok bisa?
Seandainya ada yang berbaik hati membimbing saya untuk terjun ke blog bisnis, hati ini pasti bersorak-sorai. Baca-baca ebook terkait malah nambah bikin bingung. Belom lagi ribet dengan seo, padahal katanya seo dan blogsense kembar siam, satu sakit yang lain ikut klenger. Belum lagi utak-atik kode-kode pada theme. Yang ada tampilan jadi berantakan karena fakir ilmu coding.
Yang selama ini masih mengganggu pikiran saya, benarkah tidak diperlukan ilmu coding yang mumpuni untuk me-monetize sebuah blog, sebagaimana yang selalu dikatakan para blogger bisnis?
Oke. Adakah yang mau sharing: Kompetensi (minimal) apakah yang dibutuhkan untuk menjadi seorang blogger bisnis? Seandainya mas medhy aginta yang selalu sibuk berburu dollar lewat blog mau menjadi mentor gratis saya :D
Menulis di blog memang urusan lain. Tapi jika bisa menghasilkan duit lewat blog, kenapa tidak? Di jaman serba sulit begini, men-duitkan blog mungkin bisa jadi alternatif sambil menyalurkan kreatifitas

Image from here

Related Post



26comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites