05 November 2009 | 26 comments | Sibaho Way

Konsistensi, Kompetensi dan Sinergi ( 2 )

Bagi yang belum membaca bagian pertama, silahkan baca dulu di sini. Dan bagi yang sudah googling untuk mencari kelanjutannya, ya gak usah lanjutin lagi :D

Oke kita lanjutkan.
Kali ini Kancil dan Kura-Kura menjadi bersahabat dan mulai memikirkan solusi masalah bersama sama. Keduanya sadar bahwa lomba yang terakhir bisa dilakukan dengan jauh lebih baik. Jadi mereka memutuskan untuk melakukan perlombaan lagi, cuma kali ini mereka berlari dalam satu team.

Mereka mulai berlari. Pertama Kancil menggendong Kura-Kura sampai ke tepi sungai, kemudian di sini Kura-Kura yang menggendong Kancil untuk menyeberangi sungai. Diseberang satunya Kancil mulai menggendong Kura-Kura lagi sampai ke garis finish.
Sampai di garis finish keduanya merasa puas karena berhasil tiba dengan waktu yang jauh lebih cepat dari lomba sebelumnya.

Intinya adalah; Bagus menjadi orang yang brilian dan mempunyai kekuatan utama, akan tetapi tanpa bisa bekerjasama di dalam suatu team dan menjalin masing masing kekuatan utama, hasilnya tidak akan maksimal, karena selalu ada situasi dimana Anda ber-kinerja kurang sedangkan rekan lainnya lebih baik. Ya, Sinergi.

Kerjasama adalah masalah kepemimpinan yang sesuai dengan situasi, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada seseorang yang memiliki kompetensi inti yang sesuai dengan situasi mengambil alih kepemimpinan.

Apa lagi yang dapat dipelajari disini?

Bahwa, baik Kancil maupun Kura-Kura tidak pernah menyerah setelah mengalami kegagalan. Bahkan Kancil bekerja lebih keras setelah kegagalannya, sedangkan Kura-kura mengubah strateginya karena dia sudah berusaha sekuat tenaga.

Dalam hidup, kalau kita menghadapi kegagalan, terkadang bisa diatasi dengan bekerja lebih keras dan menambahkan usaha Kadang akan lebih cocok untuk mengubah strategi dan melakukan sesuatu yang berbeda. Dan terkadang lebih cocok melakukan keduanya.
Keduanya juga belajar sesuatu pelajaran yang sangat penting. Kalau kita berhenti berkompetisi dengan saingan kita lalu mulai berkompetisi dengan situasi, kita akan bisa mendapatkan kinerja yang jauh lebih baik.

Ringkasnya, cerita ini mengajarkan banyak hal pada kita. Pelajaran yang penting adalah:
  • Bahwa cepat dan konsisten akan selalu lebih baik daripada lambat dan konsisten.
  • Ambilah peran yang sesuai dengan kekuatan utama anda .
  • Kumpulkan kekuatan dan bekerja didalam team akan selalu mengalahkan jagoan individu.
  • Jangan pernah menyerah kalau gagal.
  • Dan akhirnya, bersainglah melawan situasi, jangan melawan pesaing.

Selesai sudah. Walau cerita ini sudah basi bagi sebagian orang, semoga dapat menginspirasi bagi yang belum pernah mendengarnya.

Related Post



26comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites