27 December 2009 | 79 comments | Sibaho Way

Jika serius ingin mendapatkan uang dari blog

Add to Technorati FavoritesJika ingin serius beneran (hehehe..bahasa yang aneh) mendapatkan uang dari blog, paling tidak, akhirnya kita dituntut 4 hal sebagai kebutuhan dasar. Ini dia:
  1. Mampu menulis dalam bahasa Inggris.
    Mau bermain Paid to Review (PTR) atau Paid per Click (PPC), bahasa satu ini harus bisa, paling tidak secara tulisan. Job review saat ini semuanya berbahasa Inggris (belum pernah menemukan review selain english). Jika bermain PPC, kita pun harus membuat konten ber-bahasa Inggris agar bisa memancing iklan berkualitas dan tidak hanya disinggahi PSA (public service ads) melulu.

    Bagaimana belajar bahasa Inggris yang mudah tanpa belajar resmi? Yang saya lakukan adalah, sering-sering membaca blog/web, buku berbahasa Inggris (terutama yang sesuai dengan kompetensi atau niche yang kita mau). Bahasa Inggris mereka bagus dan 'indah'. Sering berkutat dengan atikel berbahasa Inggris tentu akan mengasah kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.


  2. Mampu utak-atik kode HTML dan PHP.
    Eits, Jangan putus asa dulu! Walau tidak terlalu dominan, kemampuan keberanian untuk melakukan hal satu ini wajib dimiliki oleh seorang blogger yang ingin mendapatkan uang dari blog. Template atau theme yang ada tidak selalu sempurna untuk mengakomodir semua kebutuhan kita. Jadi ya harus berani utak-atik sendiri.

    Kabar baiknya, tinggal googling, baca, praktekkan dan lakukan dengan tekun. Biar nambah ilmu, jangan hanya copy paste kode-nya, coba pelajari logika sederhana yang ada di situ. Siapa tahu nanti bisa mengembangkan sendiri.


  3. Memiliki Domain dan hosting berbayar.
    Semakin tenggelam dalam usaha mendapatkan uang dari blog, semakin kita dituntut lebih profesional. Dan salah satunya adalah keharusan memiliki domain dan hosting berbayar. Ingat ! Bukan berarti yang masih ngeblog di blogspot, wordpress, blogdetik, dagdidug dan blogsome itu tidak profesional, atau sebaliknya, jika memiliki domain dan paid hosting lantas otomatis disebut profesional. Tidak begitu.

    Hanya saja, jika mau serius beneran (diulang lagi...) mendapatkan uang dari blog, beli domain dan paid hosting sepertinya menjadikan peluang kita lebih terbuka lebar. Beberapa broker Paid Review memang mengijinkan subdomain gratisan seperti http://namasubdomain.blogspot.com, tapi banyak juga yang tidak memperbolehkan. Dan jika broker mengijinkan pun, Advertiser belum tentu mau dengan domain dan hosting gratisan. Nah, rugi kan memiliki pagerank tinggi dan alexa rank bagus jika tidak bisa berbuat banyak.

    Solusinya, ya beli saja domain. Toh, Saat ini domain harganya murah dan panduan untuk proses setup (buat yang custom domain atau yang beli tidak satu paket dengan hosting), banyak bertebaran di rumah mbah google. Mudah untuk dilakukan sekaligus menambah ilmu juga. Dan saya jamin tidak akan rugi. Saat ini saya sedang belanja-belanja domain dari hasil ngeblog juga :D


  4. Mengerti SEO (Search Engine Optimization).
    Nah, suka gak suka, mau tidak mau, SEO harus dipelajari jika ingin mendapatkan uang dari blog. Berjualan link dan bermain PTR membutuhkan pagerank, alexa rank dan blog popularity untuk mendapatkan job. Begitu juga dengan bermain PPC. Memiliki konten bagus tapi terperosok di mesin pencari adalah kesia-siaan. Content is the king and the King is driven by SEO. SEO yang mengantarkan konten blog kita ke pencari informasi dengan harapan terjadi klik pada iklan yang terpasang pada blog kita.

    SEO saat ini bukan barang mahal dan sulit didapat. Banyak tutorial tersebar di blog atau web dengan niche SEO. Asal tekun dan gigih, pasti bisa. Tanya saja para juara-juara kontes SEO. Apalagi jika Anda mau investasi dengan membeli panduan SEO seperti milik mas cosa di panduandasar.com.
Ini sedikit sharing dari saya, semoga bermanfaat buat kawan-kawan. Walau mendapatkan uang dari blog bukan satu-satunya motivasi saya ngeblog, tapi saat ini, hal itu cukup mencuri perhatian saya. Salah satu target 2010 adalah mampu membuat template cantik untuk blogspot. Ada yang mau membantu?

Related Post



79comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites