15 November 2009 | 72 comments | Sibaho Way

Investasi gratis untuk meningkatkan traffic pengunjung

Sekarang balik lagi kita membahas tips ngeblog setelah kemarin nggosipin orang: Aa Kurnia dari Pandeglang dan Mbak Fanny si Cerpenis.
Tips kali ini adalah ber-investasi untuk meningkatkan traffic pengunjung untuk blog niche general di masa yang akan datang. Tenang, ini tidak mengeluarkan uang sama sekali :) Yang perlu dipersiapkan hanya sebuah (atau beberapa) artikel dengan penataan keywords yang baik. Dan ini bisa mendatangkan pengunjung yang ramai di masa yang akan datang.

Caranya? Ini seperti berinvestasi di pasar saham dimana kita harus jeli melihat prospek saham sebuah perusahaan. Untuk perusahaan bonafid jangan ditanya, cuma kita perlu modal yang kuat. Kalau modalnya lemah, ya bermain saja di saham-saham yang baru go public atau istilah kerennya IPO atau Initial Public Offering (cmiiw). Tapi ingat, harus jeli dan mainkan intuisi!

Sama dengan ngeblog. Menaikkan traffic lewat keywords yang sudah populer tentu butuh usaha yang kuat. Mengapa tidak bermain di pasar keywords yang baru muncul? Jika ingin jangka panjang, carilah keywords yang bisa langgeng. Awas.. jangan bermain keywords merah.

Oke. Sekarang kita sampai kepada contoh. *kata pengunjung, dari tadi kek, gak usah ngalor-ngidul segala :D* Buatlah sebuah tulisan. Karena ini investasi, tentu harus memiliki nilai jual di dunia maya. Ceruk pasar yang selalu ramai itu biasanya dunia mesum, musik, mp3, film dan selebriti. Ini dia langkahnya.
  1. Carilah objek. Bisa penyanyi atau band yang benar-benar baru muncul (termasuk band indie) tapi potensial terkenal di masa yang akan datang. Atau bisa juga artis / bintang film, entertainer sampai magician. Sumbernya banyak. Untuk penyanyi/band lokal, radio semacam I-Radio bisa jadi referensi. Di langkah ini, intuisi harus dimainkan.
  2. Buatlah review tentang mereka dan jangan lupa untuk mengatur keyword dengan baik. Contoh, tulis namanya dengan benar, judul lagu yang menjadi andalan, sisipkan keyword 'mp3' (tidak harus memasukkan link).
  3. Promosikan review tersebut. Bisa dengan meninggalkan link-nya saat blogwalking, lewat social bookmarking atau social networking. Ini akan meningkatkan popularitas halaman tulisan tersebut di mata search engine.
  4. Review ulang. Ini dilakukan jika ternyata penyanyi/band yang kita review benar-benar booming atau lagu-lagunya menjadi hits. Review ulang kita lakukan untuk memperkokoh posisi kita dengan keywords penyanyi/band yang kita review, agar tidak disalip oleh blog lain. Jangan lupa, lakukan lagi langkah 3 di atas.
Apakah dengan begitu traffic pengunjung ke blog kita akan naik? Bisa ya bisa tidak. Semua tergantung penyanyi/band yang kita jagokan, apakah dia menjadi tenar atau tidak. Artinya masih bergantung kepada promosi offline penyanyi/band tersebut. Tapi, sekali penyanyi/band itu booming dan posisi halaman review Anda posisinya bagus, pengunjung akan antri ke blog anda lewat search engine.
Sekali lagi, kita dituntut memainkan intuisi kita untuk melihat potensi seorang penyanyi atau sebuah band di masa yang akan datang. Ya, kayak produser gitu deh :D

Saat ini, siapa yang layak di-review sebagai investasi untuk menaikkan traffic pengunjung di masa yang akan datang? Hehehe.... Mari berburu !

Semalam saya mendengar band lokal yang mengusung rock klasik 80-an bernama GRIBS singkatan dari Gondrong Kribo Bersaudara (Nama yang aneh, sama anehnya dengan Guns and Roses kalau diartikan dalam bahasa jawa: Bedil karo Kembang). Sudah pernah dengar? Mendengar vokalnya tadinya saya pikir suara Candil eks Seurieus. Hits mereka berjudul Serigala. Ketika saya browsing, rata-rata nyangkut di forum dan official facebook mereka. Apakah mereka potensial untuk di-review? Cari MP3 Serigala-nya GRIBS dulu ah... Salam 3 jari !

Related Post



72comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites