11 November 2009 | 29 comments | Sibaho Way

Keywords ala Blog Kuning

Tulisan saya berikut ini sebenarnya terinspirasi dari blogger yang lebih senior dari saya: Berry Devanda : Blog Kuning. Makasih bos atas idenya. No offense! Hanya mencoba saling berbagi ide dan pemikiran :)

Dan saya harap juga tulisan saya berikut ini jangan disalahartikan sebagai gerakan Pro Blog Kuning. Tau Blog Kuning? Saya juga baru dengar :P Silahkan berkunjung ke link di atas. Tulisan ini juga sekaligus realisasi draft yang pernah saya janjikan: Di balik nembak keyword ala Penyamun.

Nembak keyword dengan kata-kata yang kurang terdidik (untuk sementara anggaplah begitu) memang sekilas terlihat kurang cerdas. Dengan memanfaatkan kata kategori trend tinggi di search engine seperti m*sum, t*lanj*ng, b#gil, m*iyab#, sebuah blog seperti menghilangkan faktor intelektualitas untuk mendapatkan traffic.

Ya, benar. Keywords di atas sangat potensial untuk mengangkat posisi sebuah blog di SERP (Search Engine Result Page). Posisi yang bagus tentu bisa meningkatkan traffic. Traffic bagus akan meningkatkan Pagerank dan Alexa (cmiiw). Untuk apa? Buat para pendulang Dollar lewat blog, ini penting dan diidam-idamkan :P

Harus kita maklumi bahwa banyak motivasi orang ketika memutuskan memulai untuk ngeblog. Sebagian besar tentu ingin membuat tulisan yang bagus dan bermanfaat bagi orang lain. Sebagian sambil mencari $$$. Dan salah satu langkah (mudah tapi efektif) yang ditempuh adalah menaikkan ranking blog dengan acara nembak keywords di atas.

Sampailah kita pada inti tulisan ini. Catat, saya sangat tidak setuju jika blog yang nembak keywords di atas, sekaligus menyertakan gambar, video atau link-nya. Ini tidak masuk kategori Blog Kuning, tapi Blog Porno. Lalu bagaimana dengan blog yang nembak keywords tanpa gambar dan video, bukankah itu juga memalukan?

Oke. Mari kita keluar dari kotak pemikiran sempit. Sempit dalam arti memaknai sebuah kata bahkan yang terlihat tidak intelek sekalipun. Mengapa keyword dengan kategori di atas sangat potensial mendongkrak traffic?
Ya, benar. Hukum permintaan dan penawaran. Permintaan halaman yang mengandung keyword tersebut sangat tinggi di search engine. Dan silahkan bersedih, setelah mengetahui bahwa permintaan tersebut datang dari kota-kota besar di Indonesia yang terkenal sebagai kantung-kantung pendidikan.
Untuk membuktikan bisa menggunakan Google Trends. Dan kita pun tahu bahwa range umur penggemar halaman dengan kata kunci tadi rata-rata usia remaja/pemuda yang menjadi harapan bangsa ini. Mengenaskan bukan?

Lalu apa hubungannya dengan Blog Kuning? Ada ! Bayangkan saja jika pencarian dengan keywords seperti di atas semua nyangkut di Blog Kuning. Bayangkan juga jika 10 halaman teratas hasil pencarian itu dikuasai oleh Blog Kuning. Dan mereka hanya melihat halaman yang berisi kata kunci namun tidak mendapatkan apa yang dicari seperti gambar atau video. Mereka kecewa sekaligus selamat dari kebobrokan. Dalam hal ini, bukankah Blog Kuning itu sudah ikut berperan menyelamatkan pemuda bangsa ini dari kerusakan moral?

Saya hanya mencoba melihat sisi positif dari aktivitas mendongkrak traffic dengan keywords seperti di atas. Saya hanya mencoba melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda untuk mendapatkan nilai-nilai pembelajaran. Mari sama-sama belajar :)

Related Post



29comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites