13 November 2009 | 82 comments | Sibaho Way

4 Tips bertukar link

Dalam bertukar link, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di bawah ini ada 4 tips bertukar link ala sibaho:
  1. Apple to Apple atau Jeruk to Jeruk. Maksudnya, penempatan link harus sebanding. Index Page (halaman utama) lawan Index Page. Jangan Index Page lawan Post Page (halaman posting). Apalagi pagerank post page tersebut masih N/A. Itu gak adil namanya, karena akan memberikan backlink dengan kualitas berbeda. Saya beberapa kali mengabaikan teman yang mengajak bertukar link, karena setelah saya survey, ternyata blogroll dikumpulkan di satu posting khusus. Tapi saya sadar, ini pasti bukan unsur kesengajaan dari kawan...
  2. Give and Take. Yang mengajak pasang Link duluan. Jika yang diajak akhirnya tidak mau, tinggal dihapus. Jika yang diajak tidak ada respon, confirm lagi, hingga batas waktu dirasa cukup, hapus saja. Masih banyak kok blog lain yang mau diajak bertukar link :)
  3. Lihat ke depan, jangan sekarang. Bertukar link itu layaknya berinvestasi. Jangan terpaku hanya pada blog yang saat ini ber-Pagerank tinggi. Butuh effort yang besar dan potensi kegagalannya tinggi. Mengapa tidak mengajak bertukar link dengan blog newbie tapi potensial di masa yang akan datang. Selain lebih mudah, ini juga akan melatih intuisi kita melihat potensi sebuah blog :))
  4. Pertemanan di atas segalanya. Jika tidak mau diajak bertukar link, jangan lantas patah arang dan langsung meninggalkan blog tersebut. Sembilan puluh persen link yang saya pasang di blogroll bukan karena pertukaran link, tapi karena pertemanan dari aktivitas blogwalking. Makanya cukup membingungkan ada orang yang baru sekali komentar di blog kita, tahu-tahu langsung mengajak bertukar link.
Inilah tips bertukar link yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan. Jika ada yang mau menambahi, silahkan berkomentar. Tips mantap dari kawan akan saya naikkan ke posting ini berikut link :)

Related Post



82comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites