16 March 2009 | 36 comments | Sibaho Way

Membudayakan Improvement

Bicara Improvement (semoga Anda tidak bosen mendengarnya dari saya) tentu tidak lepas dari budaya. Salah satu contoh, Jepang. Di sana budaya Improvement itu sudah ditanamkan sejak pendidikan dasar. Bagaimana dengan masyarakat Indonesia? Sebenarnya sudah ada walau belum seberapa. Pernah melihat kotak saran? Itu adalah salah satu tools Improvement. Sayang, penggunaannya kadang baru sebatas formalitas.

Bagaimana menjadikan Improvement menjadi budaya/bagian dari kehidupan sehari-hari?

Bicara tentang budaya, tidak terlahir begitu saja. Ada proses di sana. Jika ditarik mundur, budaya lahir dari kebiasaan. Sedangkan kebiasaan ada karena terbiasa. Orang menjadi terbiasa karena terpaksa (pernah dengar istilah paksa rela?). Agar orang menjadi terpaksa, ya harus dipaksa. Lihat, langkah awal dari budaya adalah pemaksaan. Coba buat daftar 'budaya baik' dan 'budaya buruk' di masyarakat kita yang dimulai dengan pemaksaan! Banyak kan?

Kalau mau sedikit melakukan benchmarking dengan negara tetangga dalam hal Improvement, kita memang tertinggal jauh. Jangankan dimulai dari pendidikan dasar, di tingkat perguruan tinggi pun baru Djarum Black yang melakukannya secara konsisten. Patut diberikan apresiasi terhadap keberanian mereka melakukan penetrasi langsung ke ranah intelektual lewat Blackinnovationawards goes to campus.

Dimana kita bisa melakukan Improvement? Dimana saja, di semua sisi kehidupan. Pekerjaan, keuangan rumah tangga, cara mendidik anak, pengelolaan lingkungan sekitar (RT), karir, bisnis, blogging, monetize blog, menulis, dan banyak lagi jika mau disebutkan satu per satu.

Satu lagi. Perlu dilakukan selebrasi terhadap hasil-hasil Improvement. Selain berfungsi untuk sosialisasi, juga menumbuhkan budaya kompetisi. Contohnya seperti membuat Konvensi Improvement, Improvement Forum, Blackinnovationawards, dan masih banyak lagi. Coba lakukan kegiatan Improvement di rumah bersama keluarga dan yang berhasil membuat Improvement terbaik rayakan dengan memberikan apresiasi, bisa berupa barang atau penghargaan lain. Pasti menyenangkan.

Lalu untungnya apa melakukan Improvement? Banyak. Di lain kesempatan akan kita bahas lagi, lengkap dengan contoh dan benefit-nya. Sudah memikirkan apa yang akan Anda improve hari ini?

Selamat Sore, Blogger! Seperti biasa, salam hangat sibaho buat Anda sekeluarga masih terus mengalir.

Related Post



36comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites