19 February 2009 | 22 comments | Sibaho Way

Berlatih ala Komeng

Siapa yang tak kenal Komeng si jago ngemeng? Itu orang tidak ada matinya kalau sudah ngebanyol. Apa saja bisa dijadikan objek lawakannya. Tentu itu menjadi idaman setiap komedian. Komeng pernah sharing di sebuah stasiun televisi swasta, jika dia setiap hari berlatih dengan memanfaatkan satu objek yang ada di sekitarnya bergantian. Hari ini dia menggunakan meja sebagai bahan lawakan. Besoknya dengan motor. Lalu sapu, garpu sampai keset. Begitu setiap hari. Hampir semua objek dijadikan latihan. Hasilnya, lihatlah setiap dia beraksi. Improvisasinya tidak pernah habis sekalipun dikeroyok 5 orang lawan main. Ceplas ceplos tapi tetap masih relevan.

Menulis juga kurang lebih seperti itu. Jika kita suatu ketika kehilangan ide, cobalah menulis sesuatu yang ada di dekat kita. Bisa kembang, nyamuk, kasur atau kucing tetangga. Jika sudah pernah ditulis oleh orang lain, coba menulis dengan kacamata berbeda. Orang ingin sesuatu yang baru. Dan tulisan baru bisa jadi objek yang sama dari sisi yang berbeda.

Sebagai contoh, banyak blog yang menulis tentang gadget, katakanlah handphone. Biasanya yang dibahas pasti perkembangan terkini, fitur-fitur canggih, hingga software atau facebook-an lewat hp. Kita bisa saja membahas sisi lain dari handphone. Tulis saja hp pertama yang kita punya, atau bagaimana hp membuat orang menjadi suka menggampangkan ketika janji bertemu. Bisa juga ergonomi setiap merek hp yang berbeda-beda dan banyak lagi yang bisa dieksplorasi.

Apakah hasilnya akan bagus? Bagus tidaknya sebuah tulisan tentu berbanding lurus dengan seringnya kita berlatih. Semakin sering berlatih, maka kita akan terbiasa merangkai kata dengan baik. Selain itu, latihan juga akan mengasah naluri kita dalam memilih objek tulisan yang menarik. Teori menulis yang baik, mendapatkan ide yang segar, banyak dibahas di buku maupun blog. Tetapi melahirkan tulisan yang baik hanya didapat dengan sering-sering berlatih menulis. Berlatih berlatih dan berlatih. Seperti Si Komeng lah.
Ayo, tetap semangat ya...!

Selamat malam, Blogger! Sampaikan salam hangat dari sibaho buat keluarga Anda

Related Post



22comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites