30 January 2010 | 62 comments | Sibaho Way

Hati-hati menggunakan angka di depan judul

Add to Technorati FavoritesSaya pernah menulis tentang Kekuatan angka dalam sebuah judul, yang bisa memancing keingintahuan pengunjung untuk membaca tulisan kita. Tapi jangan salah, bisa-bisa angka di depan judul bisa juga menjadi bumerang sehingga orang malah malas untuk membacanya. Mau tahu kenapa?

Oke. Kita tahu kalau angka dalam judul akan membuat artikel terlihat ringkas, rapi dan lengkap. Ternyata masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan penggunaannya agar tujuan di atas dapat dicapai. Ini dia:
  • Jika menyangkut pilihan, semakin besar semakin menarik. Contoh: 10 bisnis online yang paling banyak diminati. Lihat. Angka 10 membuat orang akan terpancing karena melihat pilihan yang banyak di situ. Bandingkan seandainya judulnya diganti dengan: 3 bisnis online yang paling banyak diminati. Orang malah malas untuk membuka karena dia melihat peluang yang sempit di situ. Bandingkan lagi : 15 blog terpopuler tahun 2009 dengan 5 blog terpopuler tahun 2009, atau 10 Universitas favorit tahun 2010 dengan 10 Universitas favorit tahun 2010. Terlihat kan bedanya?
  • Jika menyangkut tips, cara, tutorial, semakin kecil semakin membuat penasaran. Ini ada alasannya. Orang biasanya malas dengan tutorial atau tips yang ribet dan panjang. Dalam hal ini, orang ingin ringkas tapi paten. Lihat contohnya: 3 langkah agar blog terindeks Google dalam 24 jam. Orang akan penasaran dan ingin mengetahuinya. Beda jika judulnya di rubah dengan 10 langkah agar blog terindeks Google dalam 24 jam. Orang sudah keburu bete lebih dulu. Siapa yang tertarik jika judulnya seperti ini: 15 langkah menaikkan traffic pengunjung menjadi 1000 per hari, atau 10 langkah awal memulai bisnis online buat pemula.
Sekali lagi, berhati-hati menggunakan angka di depan judul. Jika malah menjadi bumerang, lebih baik mencari alternatif judul lain. Kesimpulannya, angka tidak selalu membuat artikel terkesan ringkas, rapih maupun lengkap. Tergantung penggunaannya.

Related Post



62comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites