18 November 2009 | 47 comments | Sibaho Way

Kekuatan angka dalam sebuah judul

Add to Technorati FavoritesPernah menyadari bagaimana kekuatan angka dalam sebuah judul memaksa kita untuk meng-klik sebuah artikel? Tanpa kita sadari, kehadiran angka di depan sebuah judul artikel atau buku, secara tidak langsung telah mengunci otak kita seolah-olah artikel tersebut kita butuhkan (paling tidak menimbulkan keingintahuan), walaupun kenyataannya tidak.

Bandingkan judul-judul berikut:
1a. Cara paling efektif meningkatkan Pagerank dan Alexa Rank
1b. 5 Cara paling efektif meningkatkan Pagerank dan Alexa Rank

2a. Bank yang bermasalah di luar Bank Century
2b. 8 Bank yang bermasalah di luar Bank Century

3a. Saksi-saksi kunci KPK melawan Polri
3b. 5 Saksi kunci KPK melawan Polri

4a. Hal-hal yang disukai wanita dari seorang pria
4b. 5 Hal yang disukai wanita dari seorang pria

Jika melihat judul seperti di atas, kira-kira Anda lebih tertarik membaca judul yang mana? Yup! Itulah kekuatan sebuah angka.

  • Angka di depan judul membuat artikel terlihat ringkas. Orang yang malas membaca seperti saya serasa mendapatkan artikel yang saya butuhkan karena akan terbebas dari kalimat-kalimat tidak penting.
  • Angka di depan judul juga membuat sebuah artikel terkesan rapi. Angka itu secara tidak langsung telah mengisyaratkan urutan atau skala. Ini membuat saya serasa disajikan suguhan dengan urutan terbaik, tanpa saya harus berpikir menganalisa mana yang lebih penting, satu sama lain.
  • Angka di depan judul juga membuat sebuah artikel terlihat lengkap karena telah mengesampingkan poin-poin (tidak penting) di luar angka tersebut. Jika judul memakai angka 5, ini akan membuat poin ke 6,7,8,.... di luar artikel tersebut menjadi tidak penting.
Tertarik membuat judul dengan angka di depannya? Saya tunggu :)

Related Post



47comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites