18 November 2009 | 34 comments | Sibaho Way

Negaraku makmur, setiap 12 menit mobil T laku terjual

Add to Technorati FavoritesDalam sebuah benchmarking ke sebuah pabrik mobil merek terkenal di Karawang Plant, 2 hari yang lalu, saya tercengang dengan kecepatan improvement sistem produksi dan manajemen rantai persediaan mereka. Pantes mereka selalu dijadikan 'kiblat' oleh perusahaan-perusahaan manufaktur di seluruh dunia.

Tapi saya bukan mau menceritakan sistem itu. Nanti Anda keburu klik tanda X di pojok kanan atas :D Pernah mendengar Takt Time? Jika belum silahkan klik link navigasi berlabel Dojo TPS di atas :D Takt time itu bisa juga didefinisikan sebagai kecepatan penjualan sebuah produk. Mengapa? Karena Takt Time ini dihitung berdasarkan Total waktu produksi per hari/bulan dibagi dengan Q'ty permintaan pelanggan per hari/bulan. *Lho... kok malah ngasih kuliah :D*

Takt Time mereka saat ini adalah 3,3 menit. Artinya, setiap 3,3 menit harus ada 1 unit mobil yang selesai dan keluar dari lini produksi. Dan aktualnya memang begitu. Jika sehari jam kerja mereka 15 jam, artinya setiap hari lini produksi mengeluarkan kurang lebih 270an unit mobil. Dan ini juga memberitahukan bahwa setiap hari (24jam), kurang lebih tiap 6 menit terjadi pembelian 1 unit mobil merek T. Kok bisa?
Ya itu tadi. Sistem produksi mereka tidak membuat stok dan Dealer juga pasti tidak akan menumpuk mobil. Mereka memesan sesuai permintaan pembeli.

Setiap 6 menit ada pembelian 1 unit mobil? Yup! Katakan perbandingan pasar ekspor dan lokal 50:50, berarti pasar lokal melakukan pembelian 1 unit mobil setiap 2 x 6 = 12 menit. Ini baru 1 merek T. Belum merek lain atau yang CBU. Busyeet...!

Siapa bilang Indonesia negara miskin kurang gizi? Buktinya, mobil mewah yang dijual dengan harga berlipat-lipat dari harga aslinya di negara asal aja bisa laris manis. Buktinya, setiap 12 menit ada yang membeli mobil merek di atas.

Anda tahu lamanya 12 menit? Itu hampir sama dengan blogwalking ( gak skimming yak :P ) di 3 blog ! Jadi setiap Anda selesai membaca dan komentar 3 buah blog, ada orang yang membeli 1 unit mobil merek T. Tahu harganya? Ada yang di atas 100juta ada juga yang di atas 200 juta. Ueeeddaaannn...!!!

catatan sibaho:
dipikir-pikir, pantes pabrik mobil lebih maju dari pabrik kompor ya:
  1. lha wong 1 rumah paling punya 1 kompor tapi mobilnya bisa 5 biji, nah lho...
  2. kompor 1 aja gak bakal diganti kecuali meleduk, sedang mobil walau baru 1 tahun udah ganti lagi klo ada model baru yang lebih keren. ampyuuunnn deh...
  3. orang suka jual beli mobil bekas sampe ada showroom dan pembiayaannya segala, lha kompor bekas? paling abang rongsok yang mungutin...

Related Post



34comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites