28 January 2009 | 24 comments | Sibaho Way

Most Valuable Person for 2009 Election

Sungguh memprihatinkan kondisi jalan raya yang belakangan ini dihiasi oleh banner atau spanduk para 'foto model' dadakan. Mulai dari model pas photo ala ktp sampai gaya narsis ala bintang pop.
Ada 3 jenis bawarak-bakal wakil rakyat dilihat dari banner jalanan itu.
Pertama, kelompok yang mengandalkan figur / kharisma seseorang, entah itu tokoh partai atau tokoh masyarakat setempat dan tokoh-tokoh lain. Lihat saja, ada yang sedang bersanding bersama Megawati dengan back drop Bung Karno, ada lagi yang sedang bersalaman dengan si tiga kali: SBY, dan lain-lain. Ada lagi, tanpa photo tapi dengan kata-kata, seperti Badur no urut 2 cucunya H. Anu, tokoh Anu. Bahkan yang sudah almarhum pun dibawa-bawa : Jontor no urut 8 putra (alm) Anu.
Mereka mungkin lupa, menjadi wakil rakyat itu yang dibuthkan bukan figur orang lain, tapi VALUE dari orang yang bersangkutan.
Kedua, Sepertinya lebih baik dari kelompok pertama dan lebih mengerti value. Terbukti dengan diumbarnya puluhan gelar baik gelar akademik maupun gelar buatan sendiri. Bagi kelompok ini, gelar merepresentasikan value. Lihat lagi, tidak sedikit yang memiliki 3 gelar bahkan lebih. Drs, MM, MSc, SPi, Dr, SSos, SE sampai made in luar punya sejenis PhD (pak dhe kali ya maksudnya). Cuma satu gelar belum ada yang dipakai : Alm.
Ketiga, Inilah kelompok yang membumi (sepertinya sih). Down to earth, tidak membawa-bawa nama orang lain (cukup percaya diri kayaknya), tidak juga menempelkan gelar ini itu (tindakan lebih penting, mungkin begitu pikir mereka) alias polos (baca: lugu). Contoh, contreng Sibaho No urut 17! Tapi malah bikin orang bingung: ini orang siapa, lha mau ngapain? Nafsu amat sih jadi caleg... Nah lho !

Solusi? Tidak ada solusi, wong niatnya memang mau bikin bingung doang kok :) Apakah caleg dalam 3 kelompok di atas tidak ada yang baik? Tidak begitu lah. Paling tidak, mulai sekarang kita sudah harus proaktif mencari calon wakil di dewan sana (jangan jadi golput, Gus Dur aja sudah tobat), agar tidak terjebak oleh banner yang mengotori kerapihan dan keindahan jalan. Pilih caleg yang melek internet dan mau bagi-bagi domain dan hosting berbayar dengan gratis :D
Selamat berburu !

Related Post



24comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites