24 January 2009 | 10 comments | Sibaho Way

4 Tips Blogging by Wordpress Founder

Tips ampuh agar konsisten ngeblog tidak angin-anginan ala Bang Mat alias Mas Mul. Kalau versi detikinet ada 4 item sedang yang versi free-hot.co.cc ada 3 doang (padahal di judulnya bilang 4). Yang versi detikinet saja ya.
Begini katanya :
  1. Fokus ke Passion. Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya. Pasalnya, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari.

    Nah ini yang menjadi masalah http://sibaho.blogspot.com, tidak fokus ke satu topik (tematis). Jadi iri nih sama blog yang punya passion semacam hal unik, SEO, Bisnis, Internet Marketing. Biarin deh, yang penting menulis.

  2. Jangan Menutup Diri. Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.
    Nah, kalau yang ini sepertinya mudah :)
  3. Kunjungi 'Tetangga'. Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, 'kehidupan' di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain. Dengan melakukan 'jalan-jalan' santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.
    Rumput tetangga selalu lebih hijau. Yang ini sepertinya wajib bagi blogger menurut saya. Sering-sering silaturahmi, tebar pesona, tinggalkan komentar dan make a friendship. Dapat ilmu, dapat teman, syukur-syukur dapat backlink :D kekekekek.... ngarep!
  4. Practice Makes Perfect. Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya.
  5. Ya. Ini semakin menegaskan, tidak ada orang yang pintar, tidak ada orang yang berbakat, yang ada hanya orang yang terlatih! Saya kira, karakter tulisan bisa lahir dari seringnya membuat tulisan.

Eh, tau kan siapa Matt Mullenweg?

Related Post



10comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites