04 May 2010 | 51 comments | Sibaho Way

Long URL, Please !

Tentu Anda pernah menemukan link yang telah dipendekkan lazimnya di postingan twitter seperti bit.ly, cli.gs, digg.com, fb.me, is.gd, j.mp, kl.am, su.pr, tinyurl.com, goo.gl.com dan lain-lain. Saya pun sering menerima url yang telah dipendekkan dan saya jarang mau membukanya, walau dari orang yang sudah saya kenal. Padahal bisa jadi link tersebut mengarah ke artikel yang bermanfaat. Ada beberapa masalah dengan link yang dipendekkan seperti itu:
  • Kita tidak yakin link itu mengarah ke mana.
  • Was-was ketika membukanya.
  • Takut jangan-jangan mengarah ke situs berbahaya.

Untuk mengatasi masalah tersebut telah hadir Add-ons untuk browser Firefox buatan Darragh di http://www.longurlplease.com/. Install Add-ons tersebut di browser Anda maka Anda dapat melihat alamat lengkap dari link yang telah dipendekkan. Add-ons ini support 80 jenis pemendek url.

Di bawah ini terlihat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan Add-ons tersebut (klik untuk memperbesar tampilan).

BEFORE



AFTER

Dengan mengetahui url panjang sebuah link, kita akan merasa aman dalam melakukan klik pada sebuah link dan petulangan di dunia maya pun bisa lebih produktif karena telah bisa mengurangi ketidakpastian pada sebuah link.

Tertarik? Segera saja meluncur pada alamat di atas :)

Related Post



51comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites