27 March 2010 | 60 comments | Sibaho Way

Ketika account Google Anda di-disable

Add to Technorati FavoritesSeminggu lalu, salah satu account Google saya di-disable oleh pihak Google. Dan jeleknya saya baru mengetahui 2 hari yang lalu ketika melihat pemasukan dollar dari adsense yang menurun. Ketika saya cek detilnya, saya tidak menemukan page impression dari blog-blog yana ada di bawah account yang di-disable itu.

Ketika saya coba buka salah satu blog (custom domain), muncul pesan yang mengatakan blog saya telah di-disable oleh pihak Google secara sepihak dan tanpa pemberitahuan lebih dulu. Saya coba buka blog lainnya, sama. Saya coba login ke account Google. Account saya pun ikut di-disable. Saya panik (saking paniknya tidak kepikiran ambil screenshoot tampilan browser saat gagal login). Sebelumnya memang pernah membaca di salah satu blog jika Google sedang rajin 'membantai' account yang diduga melakukan pelanggaran ToS (term of service). Tapi, saya salah apa? Mengapa tidak ada konfirmasi dulu?

Hari itu juga saya mengirimkan email keberatan terhadap perlakuan Google yang sewenang-wenang. Intinya, saya minta konfirmasi, apa alasan signifikan yang membuat account saya di-disable.
Ditunggu sehari, belum ada email balasan. Saya coba buka blog saya, tetap masih belum bisa dibuka. Dan siang ini, ketika saya membuka email saya mendapat balasan dari Tim Support Google.
We apologize for any inconvenience you may have experienced. The issue you described should now be resolved.
dan seterusnya....
Ketika saya coba login ke account google, berhasil! Blog saya pun telah kembali bisa dibuka. Wah, senangnya. Salut atas respon cepat dari tim support Google. Hanya yang masih mengganjal, Google tidak memberitahu di email-nya alasan mengapa account saya di-disable. Tapi ya sudahlah, yang penting account saya telah kembali.

Blog Anda pun (yang menggunakan hosting gratisan blogspot, termasuk yang custom domain) mungkin saja mengalami hal yang sama seperti saya alami. Dan jika hal itu terjadi, jangan segan-segan untuk menyurati pihak Google. Menurut saya, respon mereka cukup cepat untuk menanggapi keluhan yang masuk. Dan cukup fair.

Ini yang bisa saya ceritakan dalam berbagi pengalaman siang ini. Semoga akhir pekan Anda menyenangkan bersama keluarga. Salam sukses !

Related Post



60comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites