28 June 2009 | 48 comments | Sibaho Way

Terbaik atau Mati !

Anda bekerja? Bekerja di sini maksudnya bisa bekerja pada diri sendiri maupun bekerja pada orang/pihak lain. Sudah bekerja maksimal? Sudah memberikan yang terbaik yang kita bisa, atau bahkan memberikan lebih dari yang diharapkan?

Lihatlah cara bekerja para sales, mulai dari kelas berdasi hingga kelas pengasong di lampu merah. Etos dan 'desire' mereka sangat layak untuk dijadikan panutan agar kerja hari ini dapat lebih baik dari kemarin. Simak baik-baik.

Seorang pengasong mempunyai konsep bekerja yang sangat ekstrim: Laku atau Lapar! Jika jualannya tidak laku hari ini, maka perutnya akan lapar juga hari ini. Panas terik, asap debu, dingin hujan, tidak diperdulikan. Yang penting, hari ini harus terjadi penjualan. Keluarga menunggu kerja kerasnya hari ini. Jika hari ini gagal, hidup esok hari akan lebih berat.

Pun seorang sales yang berkeliling menawarkan produk dari satu toko ke toko lain. Jika dia tidak bisa menjual hari ini, kerja esok hari akan semakin berat. Jika esok hari kejadian terulang lagi, beberapa bulan kemudian bisa terancam dipecat. Keluarga bisa sekarat!

Lihat juga penjaja nasi rames di kereta ekonomi dan bisnis. Ada puluhan penjaja nasi rames dalam rangkaian yang sama. Menawarkan barang dan harga yang sama. Sementara kereta melaju dari satu stasiun ke stasiun berikut, mereka bolak-balik menawarkan ke orang yang sama, tidak peduli orang tersebut sudah menolak 10 kali pada setiap penjaja. Mereka hanya peduli bahwa mereka harus bekerja memberikan yang terbaik sesuai versi mereka: tawarkan saja hingga laku! Konsep mereka, hari ini saya harus membawa uang pulang untuk keluarga. Jika tidak, bisa gawat!

Bagaimana dengan kita? Sudah kita bekerja lebih baik dari mereka? Atau, jangan-jangan baru bekerja sekedar menggugurkan kewajiban dan melaksanakan rutinitas harian. Terpikirkah jika kita bekerja sekedarnya saja atau bahkan di bawah semestinya, sama saja seperti pedagang asongan yang tidak berhasil menjual?
Silahkan review sendiri performa Anda selama ini dan jangan menunda untuk segera melakukan perbaikan. Ingat, Bekerja baik atau Mati!

Satu lagi, buat para calon pemimpin negeri ini, jangan bicara terlalu banyak konsep. Negeri ini bukan kekurangan orang pintar. Negeri ini bukan kekurangan orang yang banyak bicara sedikit bertindak. Negeri ini bukan kekurangan orang yang banyak janji banyak berkelit.
Negeri ini kekurangan orang yang loyal untuk memajukan negerinya, lebih dari sekedar membahagiakan diri sendiri, keluarga dan kelompok. Negeri ini kekurangan orang yang mau bekerja untuk memberikan yang terbaik melebihi kemampuannya.
Menjadi cerdas dan terlihat berbobot memang baik. Tapi, menjadi baik pasti jauh lebih cerdas dan berbobot.

Selamat Pagi Bahoomian! Selamat bekerja esok hari, jangan lupa selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga. Salam hangat dari sibaho.

Related Post



48comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites