15 April 2009 | 63 comments | Sibaho Way

Mengapa ngeblog itu asyik?

Kemarin sempat menjamur pe-er bertajuk kenapa suka ngeblog. Hal yang sama sebenarnya sudah sangat sering ditanyakan teman maupun keluarga, terutama istri. Paling banter dijawab: kenapa tidak? Sebagian besar blogger pasti menjawab: ngeblog itu asyik. Ya, pertanyaan selanjutnya, mengapa ngeblog itu asyik?

Begini. Setiap blogger pasti punya keinginan menjadi seorang blogger yang sukses. Paling tidak, ketika mereka publish sebuah tulisan, tidak ada dalam pikiran mereka: semoga tidak ada yang membaca tulisan ini! Aneh itu namanya. Kita bisa saja tidak tertarik dengan monetisasi blog atau menjadi blogger terkenal. Yang jelas, kita pasti ingin orang mengetahui apa yang kita sampaikan lewat sebuah tulisan.

Nah, dari situ biasanya awal timbul keinginan untuk menjadi seorang blogger sukses. Lalu muncul pertanyaan: apakah tidak terlihat bodoh, ingin sukses sementara kemungkinannya sangat kecil di tengah ketatnya kompetisi? Tentunya selain biaya yang cukup tinggi. Biaya bukan berarti hanya uang. Bisa juga waktu dan energi yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas ngeblog.
Jika dirumuskan secara matematis akan terlihat seperti ini:

U=p(B) – C

Agar terlihat familiar bagi yang kurang suka matematika seperti saya, maka rumus di atas kurang lebih maksudnya sebagai berikut:

U (utility) adalah nilai ekonomi ngeblog atau dalam hal ini kita sebut sebagai 'keinginan untuk sukses'.
p (probability) adalah kemungkinan sukses
B (benefit) adalah manfaat ngeblog (uang, traffic, dll)
C (cost) adalah biaya ngeblog (uang, waktu dan energi)

Jika rumus itu dijalankan, maka akan terlihat bahwa, kemungkinan sukses (p) yang kecil dikalikan dengan manfaat ngeblog (B) yang besar sekalipun, akan menurunkan nilai manfaat ngeblog itu sendiri. Belum lagi kemudian dikurangi dengan biaya ngeblog (c). Yang ada malah menghasilkan nilai negatif. Dan nilai negatif ini tentu akan menghentikan orang untuk memulai ataupun melanjutkan aktivitas ngeblog.

Secara matematis begitu. Tapi ribuan blogger di jagat maya ini tentu tidak terlalu bodoh membuang-buang waktu dengan ngeblog, untuk sesuatu hal yang tidak ada manfaatnya. Ternyata dari persamaan/rumus di atas, ada elemen penting yang terlupakan yaitu variabel D (difference).

D (difference) adalah perbedaan potensi kesuksesan kita dengan orang lain. Perbedaan itu muncul dari konsep bagaimana kita tampil beda dalam kompetisi dengan blogger lain. Bisa jadi perbedaan itu dari sisi bakat, format, disiplin atau berbagai faktor lain. D adalah alasan mengapa kita dapat sukses. Variabel D buat saya adalah motivasi dan improvement. Buat sebagian yang lain bisa juga persfektif yang unik, ide-ide yang inovatif, kemampuan mendesain blog, kemampuan menulis yang baik dan lain-lain.

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengingatkan agar tetap fokus pada variabel D kita. Memang banyak manfaat dari aktivitas ngeblog, namun beberapa diantaranya harus dapat menjaga keyakinan kita untuk sukses. Jika Anda sedang ngeblog hari ini, pikirkan apa variabel D yang Anda punya. Itulah alasan mengapa Anda ngeblog sampai sekarang. Selalu mengingat Variabel D kita yang unik akan memotivasi kita dan menjadikan kita selangkah lebih maju.

Menjadi sukses memang sulit. Tetapi kita sudah terlanjur memulai proses. Karena kita percaya kita memiliki sesuatu yang berguna bagi orang lain. Tidak perduli seberapa besar biayanya, kita akan menemukan kesuksesan dalam ngeblog dengan mengingat faktor yang paling penting tadi: perbedaan antara kita dengan yang lain.
Sehingga persamaannya akan berubah menjadi :

U=p(B) – C + D

Jika tulisan ini Anda anggap keren, ya terang saja karena saya hanya sadur sekenanya dari Dailyblogtips. Tapi jika Anda menganggap tulisan ini jelek, sumpah! Tulisan ini aslinya keren kok. Menjadi jelek karena kengawuran saya dalam menerjemahkan buah karya Seth Waite ini. Ya maaf... :D

Selamat Malam, Blogger! Senang rasanya bisa kembali ngeblog seiring salam hangat sibaho untuk Anda sekeluarga.

Related Post



63comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites