08 March 2009 | 18 comments | Sibaho Way

Persaingan Menuju Istana

Persaingan menuju istana semakin meruncing. Mata panah yang dulunya satu telah pecah menuju sasaran yang sama. Masing-masing berbicara. Sejauh ini saya cukup salut dan bangga dengan perubahan demokrasi di negara ini. Walau masih morat-marit tapi ada progress. Saya memang berharap dengan cara 'pisah' elegan yang telah dicontohkan oleh SBY-JK, elit lain dapat terinspirasi. Jangan menarik-narik akar rumput menjadi tidak produktif. Kasihan mereka.

Mari berkompetisi dengan sehat. Jujur saja. Saya sebenarnya tidak terlalu favorit dengan satu calon. Wong programnya rata-rata mirip kok. Saya lebih melihat siapa teman-teman di sekelilignya. Sebab katanya, dengan siapa kita berteman saat ini akan menggambarkan bagaimana kita lima tahun ke depan. Kalau di sekitarnya banyak juragan minyak, sepertinya mengobok-obok harga minyak akan menjadi permainan yang mengasyikkan.

Ke SBY-JK lagi. Permainan media yang menempatkan seolah-olah mereka adalah calon paling kuat yang akan melenggang ke istana memang terasa kurang fair juga. Mereka berdua memang memiliki segalanya sebagai modal pertempuran di 2009 ini. Partai pengusung yang solid, pengalaman sebagai nomor satu dan nomor dua, basis massa dan segudang 'prestasi'.
Tapi tidak menutup kemungkinan kandidat lain yang tidak diunggulkan malah kelak dapat menyodok naik. Ingat ini pemilihan langsung. Relevansi antara partai pemenang dengan presiden terpilih makin merenggang, begitu kata para pakar survei kemarin.

Saya punya pengalaman seperti ini tahun lalu, saat pelaksanaan TIF III (Triputra Improvement Forum III) di Hotel Bidakara, Jakarta. Ini adalah acara sejenis Blackinnovationaward (yang diselenggarakan oleh Djarum Black), di ruang lingkup grup Triputra.
Semua grup perusahaan di bawah naungan grup Triputra mengirimkan inovasi atau improvement yang telah dilakukan untuk dipertandingkan menjadi yang terbaik. Adalah 2 grup yang selalu bersaing dalam hal SS (suggestion System) yaitu Grup Dharma dan Grup Pako, tak terkecuali tahun 2008 yang lalu. Keduanya sibuk bersaing. Dua stream tempat keduanya presentasi sangat ramai pengunjung. Akhirnya, yang keluar sebagai nomor satu untuk kategori SS adalah dari grup Puninar yang tadinya tidak terlalu diunggulkan.

SBY-JK jangan terlalu sibuk mengawasi satu sama lain. Calon lain selain Anda berdua juga punya kans sebagai orang nomor satu di negeri ini. Siapa calon presiden Anda?

Selamat Siang, Blogger! Salam hangat dari sibaho untuk Anda sekeluarga.

Related Post



18comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites