24 March 2009 | 35 comments | Sibaho Way

Berry

Strawberry merah menyala. Indah nian. Banyak ditanam di dataran tinggi berhawa dingin seperti Lembang Bandung. Warna merah itu kerap dikaitkan dengan cinta. Berkobar-kobar. Bijinya yang banyak layaknya kerikil-kerikil cinta. Dijadikan penghias minuman berkelas. Dijadikan aksesoris kue mewah. Konon khasiatnya bisa menyusutkan kadar kolestrol,membantu melumpuhkan kerja aktif kanker, meredam gejala stroke, anti alergi dan anti radang, mencegah proses oksidasi pada tubuh, menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih, memutihkan atau membersihkan permukaan gigi, ampuh melawan encok dan radang sendi. Banyak kan?

Blueberry. Walau bernama Blueberry tapi warnanya malah lebih cenderung warna ungu tua, akibat pigmen yang dipercaya dapat mengobati infeksi saluran kencing. Di Indonesia, Blueberry tidak sepopuler Strawberry. Mungkin karena bentuk warnanya yang tidak semenarik Strawberry itu. Khasaitnya pun tidak kalah dahsyat dengan Strawberry. Mencegah penyakit jantung dan menyembuhkan infeksi saluran kencing. Mengkonsumsi blueberry juga dipercaya dapat memulihkan memori serta mencegah penyakit seperti kepikunan.

Cranberry memiliki kadar vitamin C yang sedang, demikian pula dengan kadar serat makanan dan mineral. Buah ini merupakan sumber antioksidan polifenol, yakni senyawa fitokimia yang sedang diteliti manfaatnya bagi sistem jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, dan anti kanker. Adakah kesamaan dengan band Cranberries?
Di Indonesia buah ini juga tidak populer. Saya sendiri baru tahu jika Caranberry itu nama buah :P

Raspberry kaya serat, yang diketahui dapat menurunkan kadar Low-Density Lipoprotein (LDL) atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat.
Penelitian medis tahap awal telah menunjukkan manfaat mengkonsumsi Raspberry secara teratur akan mengatasi berbagai penyakit seperti: inflamasi, nyeri, kanker, penyakit jantung, diabetes, alergi, penurunan kemampuan kognitif akibat penuaan, serta gangguan penglihatan akibat usia. Mendengar kata Raspberry jadi ingat Rasputin. Gak nyambung ya :D

Halle Berry mempunyai kesamaan dengan Strawberry. Segar! Strawberry dengan bentuk hati melambangkan cinta, sedang Halle Berry bisa membuat hati terkapar jatuh cinta. Khasiatnya? Pigmen pada kulit di senyum indahnya diyakini banyak pria bisa membuat hati senang jika berduaan dengannya. Halle Berry pernah mendapatkan award dari sebuah majalah lelaki sebagai wanita terseksi. Bbbrrrrrrr.....

Blackberry sangat berbeda jauh dengan berry-berry di atas. Jika semua berry sebelumnya bisa dicicipi dengan lidah, tapi berry yang satu ini tidak bisa. Yang pasti katanya, Blackberry yang sering diplesetkan menjadi Crackberry memang bisa membuat orang kecanduan seperti kecanduan crack (=kokain). Saya tidak akan bicara banyak soal benda satu ini. Selain karena belum punya, ya takut kecanduan dulu (sebelum punya) jika terlalu memahami fitur-fiturnya yang komplit. Bagi Anda yang pengin, ada berita baik: menangkan hadiah kedua kompetisi blog yang diadakan Djarum Black berupa 2 buah Blackberry. Berita buruknya, waktunya tinggal 7 hari lagi untuk menyelesaikan 21 artikel yang mengandung keywords semacam Black Community atau Autoblackthrough :))

Selamat Malam, Blogger! Salam hangat nuansa berry dari sibaho buat Anda sekeluarga.

Image from here, here, here, here, here and here

Related Post



35comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites