17 February 2009 | 30 comments | Sibaho Way

Save your backlink

Apa salah satu persamaan blogosphere dengan kampanye para caleg? Backlink dan Review! Ternyata di dunia per-caleg-an backlink juga ada. Selain 'banner' tentunya.
Ketika saya main ke rumah teman, saya melihat 'banner' seorang caleg dari pks di situ. Melihat itu saya menanyakan: simpatisan? Lalu dia mulai memberikan 'review' tentang caleg tersebut. Bagaimana caleg tersebut ikhlas akan meninggalkan jabatan Manager-nya di sebuah perusahaan PMA di kawasan EJIP Cikarang. Bagaimana caleg tersebut sangat aktif di organisasi keagamaan, pendidikan hingga karang taruna.
Di akhir review teman saya itu menyampaikan 'anchor text': jika ingin melihat lebih dekat, setiap Hari Jum'at ba'da Isya bisa menghadiri pengajian di rumahnya.

Singkat cerita, suatu hari saya pun mengikuti pengajian di rumah caleg tersebut. Saya jalan sendiri ke sana berdasarkan alamat berupa 'hyperlink' yang disertakan pada anchor text tadi. Intinya, saya sampai ke rumah caleg tersebut, bisa melihat langsung wajah dan bila mau dapat berbincang-bincang dengan beliau.

Apa yang membuat saya bisa sampai ke blog (baca:rumah) caleg tersebut? Tidak lain karena 'backlink' yang berada pada teman ber 'pagerank' tinggi di mata saya. Seandainya pagerank teman tersebut not available di mata saya, otomatis saya tidak akan memperdulikan apapun review yang dia berikan. That's why hanya blog yang ber-PR tinggi yang mendapatkan job paid to review ;)

Jadi mulai sekarang, selain membuat 'content' bagus berupa perilaku, hati-hati juga menempatkan link. Bisa-bisa popularitas menurun karena review dilakukan oleh blog (baca:kader) yang salah seperti sibaho ini.
Google banget ya....

Selamat Pagi, Blogger! Di luar sedang hujan, namun salam hangat dari sibaho masih tetap ada buat Anda sekeluarga.

Related Post



30comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites