17 January 2009 | 4 comments | Sibaho Way

Modal 2009 : Berubah secara TOTAL !

Tidak peduli seberapa jauh kesalahan yang kita lakukan pada tahun 2008. Tidak peduli seberapa buruk nilai kita tahun 2008. Tahun 2009 tetap harus dijalani dengan optimis penuh pengharapan. Tidak ada gunanya keluh kesah. Apalagi kecewa. Jadikan semua sakit hati itu menjadi cambuk yang senantiasa memacu kita untuk tetap berlari, berlari dan berlari. Berlari mengejar ketertinggalan. Untuk mengejar ketertinggalan tidak bisa hanya melangkah. Harus berlari. Bila perlu sambil melompat. Jika tidak, kita tetap hanya sebagai pengekor yang menempati posisi yang telah ditinggalkan oleh orang lain.
Untuk melakukan lompatan, apa langkah awal yang harus dilakukan? Berubah ! Lakukan perubahan yang mendasar, terutama pola pikir atau cara berpikir dalam memandang sesuatu. Coba keluar dari pemikiran sempit atau bahasa sananya : out of the box, keluar dari kotak, terbang tinggi dan lihat semua permasalahan dengan helicopter view. Syaratnya: lebih sering pakai logika daripada rasa.
Perubahan juga harus dilakukan secara total, tidak separuh-separuh atau fluktuatif mengikuti situasi. Jangan. Jangan seperti Power Ranger yang 'berubah' hanya pada saat-saat tertentu saja. Berubah harus konsisten. Agar konsisten maka diperlukan stimulus. Bisa berupa komitmen, tools, motivasi, reward dan lain-lain. Komitmen yang kuat untuk berubah akan menjaga energi tetap pada posisi puncak. Pergunakan dengan benar semua tools atau aspek yang dapat membantu kita untuk tetap melakukan perubahan. Dan ketika pada akhirnya nanti kita mendapatkan reward atas semua pencapaian dan kerja keras, seperti bahasa iklan di tv : ah, itu sih cuma bonus!
Tulisan ini didedikasikan untuk 4 orang dari tim yang sama sekali tidak mendapatkan bonus akhir tahun karena beberapa kesalahan bodoh tidak perlu yang dilakukan dengan 'konsisten'. Berubahlah kawan !

Related Post



4comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites