17 January 2009 | 8 comments | Sibaho Way

bagaimana berpikir positif

positif thinking. mudah disebut susah dipraktekkan. pengertiannya mungkin kita semua sudah paham: selalu melihat dari sisi positif atau mengubah sisi negatif menjadi positif. nah, tidak mudah kan? berbagi tips saja, siapa tahu berlaku juga buat pembaca. tentu menjengkelkan jika ide atau pendapat yang kita sampaikan ditanggapi negatif oleh orang lain. tapi tenang saja, jangan ditanggapi emosi sinis. nanti malah kontra produktif. ingat, tujuan kita adalah menyampaikan ide dan diterima, bukan berantem!
sebenarnya cara menghadapinya mudah saja. ketika mereka menanggapi: ah, tidak mungkin atau tidak bisa, susah, kayaknya saat ini gak memungkinkan deh, dan bermacam-macam ungkapan yang intinya menolak ide kita, hadapi saja dengan santai dan antusias sembari balik bertanya: biar mungkin bagaimana? biar bisa gimana? biar gak susah gimana? intinya libatkan mereka terus sehingga secara tidak sadar mereka memberikan solusi sendiri. ingat, kadang-kadang bukan idenya yang ditolak, tapi orang yang kasih ide. manusiawi lah.
jadi tips-nya sederhana saja, selalu gunakan kata positif seperti: agar, biar, supaya dan lain-lain. jadi kalau ada yang bilang, wah saya gak tahu caranya. tanya balik, supaya tahu gimana caranya? saya tidak setuju dengan cara seperti itu, tanya: agar setuju harus bagaimana? kayaknya bulan ini kita defisit deh pah, tanya: biar gak defisit bagaimana?
kadang-kadang otak kanan kita menutup diri hanya karena kalimat negatif yang dikeluarkan oleh mulut kita. jangan membatasi kreatifitas dengan pikiran negatif. karena banyak yang bisa kita lakukan dengan kreatifitas. sepertinya sulit dipraktekkan? biar gak sulit bagaimana?

Related Post



8comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites