16 December 2009 | 53 comments | Sibaho Way

6 Tips memberikan pertanyaan pada pembaca blog Anda

Add to Technorati FavoritesAnda pasti sudah tahu bahwa salah satu cara untuk memancing orang berkomentar adalah memberikan pertanyaan pada akhir tulisan. Ada beberapa tips agar pertanyaan kita efektif dan benar-benar bisa memancing komentar. Ini dia, 6 tips memberikan pertanyaan pada pembaca blog Anda.
  1. Pastikan pertanyaan tetap relevan dengan topik tulisan.
    Menulis tentang tips ngeblog tentu akan aneh jika dibarengi dengan pertanyaan: Bagaimana perjalananmu hari ini kawan? Pembaca sudah pasti akan mengabaikan pertanyaan itu.
  2. Ajukan pertanyaan yang tidak terlalu berat tanpa harus terlihat katrok.
    Buat pertanyaan yang bisa dijawab. Jangan pula membuat pertanyaan retoris atau pertanyaan dimana pembaca tidak ingin menjawabnya. Menanyakan rumus-rumus fisika dan kimia tentu akan membuat pembaca langsung menutup halaman blog Anda, kecuali niche blog Anda adalah pelajaran eksakta. Saya pernah ujicoba dengan menanyakan tentang Ikhtiar dan Takdir.
  3. Buat pertanyaan dimana pembaca juga ingin tahu jawaban pembaca lainnya.
    Jawaban dari pembaca biasanya malah menimbulkan komentar dari pembaca lainnya. Kadang-kadang malah menimbulkan pertanyaan baru. Sebagai contoh mungkin ketika saya menulis tentang 'Mengapa Itik Bali bukan Bebek Bali?'.
  4. Arahkan jawaban mereka dengan memberi beberapa pokok pikiran sebagai pilihan jawaban.
    Selanjutnya biar mereka yang mengembangkan sendiri. Ini akan sedikit membantu pembaca menjawaba pertanyaan yang kita lemparkan. Contoh: Dari rekaman pembicaraan di Kamar 803 Hotel Gran Mahakam, siapa yang lebih agresif merayu, Rani atau Antasari?
  5. Tindaklanjuti jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut.
    Bisa dengan membalas komentar mereka. Bisa juga dengan mengkompilasi jawaban-jawaban tersebut dalam satu tulisan tersendiri. Ini yang saya suka. Biasanya setelah saya melemparkan pertanyaan, jawabannya akan saya pilih-pilih untuk saya buat dalam satu tulisan tersendiri. Contohnya, tulisan '7 Hal yang harus dihindari agar orang mau berkomentar' adalah kompilasi komentar dari tulisan '10 Alasan mengapa orang tidak berkomentar'.
  6. Berikan penghargaan buat jawaban terbaik dengan menaikkannya ke dalam posting disertai backlink buat penjawab.
    Ini sangat mudah dilakukan dan saya suka melakukannya seperti pertanyaan saya pada tulisan 'Siapa yang hidupnya lebih panjang?'.
Ini sedikit tips ngeblog yang bisa saya bagikan di sini, semoga bermanfaat dan membuat kawan-kawan semua tetap semangat ngeblog. Anda punya ide lain? Silahkan berbagi di sini, karena blog ini adalah tempat berbagi pengalaman :D

Related Post



53comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites