29 October 2009 | 74 comments | Sibaho Way

Status Facebook yang menginspirasi

Status Facebook sekilas terlihat sepele dan norak. Tetapi makin ke sini, saya makin menyadari betapa bergunanya fasilitas status tersebut jika dipergunakan dengan maksimal, tidak sekedar iseng memenuhi hasrat jari di atas keyboard.

Misalnya menyampaikan isu terbaru baik politik, ekonomi, sosial dan bencana alam. Bisa juga menyampaikan kata-kata bijak, kalimat-kalimat suci, kata-kata motivasi. Sebagian malah menjadi media promosi.

Tulisan saya kali ini terinspirasi dari status teman-teman di Facebook. Buat saya ada yang menginspirasi, menyemangati hingga menakuti. Oke, saya akan menampilkan satu persatu status yang menjadi inspirasi saya membuat tulisan ini.

Ini status teman saya Rahmat Adhi Saputra Tgl 19/10/09
"...Temukan apa yang paling suka anda lakukan dan dapatkan seseorang yang akan membayar anda untuk itu..."

Nah, kalimat di atas selalu berputar-putar di sekitar kepala. Sepanjang hari. Saya suka Internet dan menulis, makanya saya ngeblog. Terus siapa yang mau membayar saya melakukan kesenangan itu? Monetize a blog ! Apakah blog ini ? Tidak. Blog ini niche general dan lebih banyak ngawurnya. Terus kalau mau niche specific, mau menulis apa? Ya, kompetensi yang saya punya. Emang punya? Hehehe... Baik, saya akan menulis tentang manajemen produksi lebih khusus lagi tentang Toyota Production System.

Karena itulah saya membuat blog baru, yang saya peruntukkan untuk tulisan-tulisan tentang manajemen produksi. Yang pertama saya membuat blog dengan alamat http://blogtoyotaproductionsystem.blogspot.com. Ini blog berbahasa Inggris. Kenapa? Ya menurut para pakar pendulang dollar lewat blog, blog berbahasa Inggris lebih mudah menghasilkan uang. Dengan menerapkan jurus seo aliran trial and error, 2 hari ini, 50% pengunjung blog ini datangnya dari search engine. Ini sungguh menyemangati saya.

Lalu saya buat juga blog http://forumtps.blogspot.com. Yang ini merupakan versi bahasa Indonesia dari blog di atas. Blog ini saya buat untuk membantu barangkali rekan-rekan manufaktur ada yang membutuhkan artikel tentang manajemen produksi. Mengingat artikel tentang detil teknis Toyota Production System dalam bahasa Indonesia masih sangat terbatas. Saya sendiri pernah kesulitan mencarinya.
Tapi mohon maaf nih kepada para master-master improvement. Bukan berarti saya sangat ahli dan menguasai sekali materi Toyota Production System. Saya juga masih belajar dan ingin 'mengikat' ilmu itu agar tidak beterbangan kemana-mana.

Bicara monetize a blog pasti tidak jauh-jauh dari seo (search engine optimization). Ini penting dan wajib. Dan saya harus pelajari seo. Untuk ajang saya belajar dan latihan seo, saya buat satu lagi blog di http://redhotblackmagic.blogspot.com. Rencananya blog ini akan menampung langkah-langkah seo yang sudah saya praktikkan, sehingga jika lupa tinggal buka, tidak perlu Googling lagi. Siapa tahu juga berguna untuk teman-teman 'katrok seo' yang ingin mulai belajar seo.

Ini status teman baru saya di Facebook, Pak Wawang Sukmoro Tgl 25/10/09
"...Sang Pemimpin Selamat pagi... Mudah2an rencana Anda utk memberikan Carrot or Stick ditujukan pada yg benar.. Motivasi bekecendurungan pada Mendekati Nikmat = Carrot & Menghindari Sengsara = Stick.. So, don't miss-giving.."

Status di atas menyalakan lagi mimpi-mimpi saya yang mulai meredup. Fakta menunjukkan belakangan ini saya cenderung menjadi Stick: Menghindari sengsara. Kemana semangat Carrot saya yang selalu menggebu-gebu. Status itu pula yang mengembalikan saya kembali ke rel mimpi-mimpi masa depan. Terima kasih banyak Pak Wawang. Saya akan sangat senang jika bapak mau berkenan menyumbang tulisan tentang Toyota Production System. Mau ya Pak ? :D

Ini status, Pak Rahmat Sudrajat Tgl 25/10/09 yang menggelitik saya.
"...Katamu mau melupakannya, tapi tiap hari kamu bilang "aku akan melupakannya", itu artinya kamu sdg mengingatnya...tul ga.."

Jiakakakakakak.....

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah pernah menemukan status yang sangat berarti buat Anda? Paling tidak, mulai sekarang, buat status Facebook Anda menjadi lebih berarti buat orang lain.

Omong-omong, kita sudah berteman belum ya di Facebook? Kalau belum, jangan lupa Add saya ya :D

Selamat Pagi, Bahoomian !! Salam hangat Sibaho menemani mimpi Anda bersama keluarga.

Related Post



74comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites