14 April 2010 | 51 comments | Sibaho Way

Tutorial Adsense untuk Blogger | Menentukan Niche Blog

Add to Technorati FavoritesSebagai lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul Google Adsense Relation Diagram, maka kali ini kita mulai dari langkah paling awal. Untuk melihat diagramnya, ada baiknya Anda membuka tulisan tersebut lewat link di atas.

Dari diagram tersebut sebenarnya dapat disimpulkan bahwa sumber penghasilan dari Adsense adalah Click pada Ads. No Click No Money, No Money No Dong hehehehe.... :D Click dipengaruhi posisi artikel kita di mesin pencari, sedang Ads dipengaruhi oleh kata kunci yang digunakan pada artikel atau blog kita. Demikian seterusnya...

Sehingga kunci sukses bermain Adsense itu sering diformulasikan dengan persamaan sebagai berikut:

Pendapatan Tinggi = Ads bernilai tinggi + Traffic Tinggi + Rasio Click Tinggi (CTR)

Ada juga yang menyebutnya seperti ini:

Pendapatan Adsense = Traffic + Ads Bernilai Tinggi + Ads yang Relevan + Optimalisasi Desain dan Posisi Ads

Oke. Sebelum rambut keriting melihat rumus di atas, mendingan kita langsung mulai langkah pertama.

MENENTUKAN NICHE BLOG

Bermain Adsense itu seperti berjualan. Anda harus menentukan terlebih dahulu ceruk pasar yang akan dimasuki. Apa yang akan dijual, pakaian, elektronik, gadget dan lain-lain. Jika pakaian, pakaian apa, permintaan terhadap pakaian tersebut bagaimana-sepanjang tahun atau musiman, tingkat kompetisinya seperti apa dan masih banyak lagi yang perlu diperhatikan ketika kita akan mulai berjualan.

Demikian juga dengan Adsense. Kita harus menentukan terlebih dahulu niche/ceruk apa yang akan kita masuki: niche dengan bayaran rendah tapi kompetisi rendah atau niche bayaran tinggi tapi kompetisi tinggi? Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Ini masih terlepas dari apakah kita kompeten dengan niche yang kita pilih. Yang utama, kita menentukan dulu ceruk mana yang akan kita masuki.

Untuk membantu Anda dalam melihat tingkat kompetisi, bisa menggunakan Keyword Tool pada https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal.
Masukkan kata kunci niche yang ingin dicek. Selanjutnya ikuti perintahnya. Dengan tools ini kita bisa melihat rata-rata Volume pencarian per bulan, Trend pencarian dari bulan ke bulan, Estimasi rata-rata CPC (Cost per Click) dan tingkat kompetisi kata kunci terkait dari niche yang kita masukkan.

Silahkan mencari-cari dan menetapkan ceruk yang akan dimasuki. Kita akan membahasnya di tulisan berikut. Stay Tuned !

Related Post



51comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites