21 March 2010 | 46 comments | Sibaho Way

Kontrol saja prosesnya dengan baik, hasil pasti mengikuti

Add to Technorati FavoritesJepang terkenal dengan ketekunan mereka dalam pengendalian dan perbaikan proses. Berbeda dengan pemikiran umum yang ber-orientasi-kan hasil, hingga kadang-kadang bisa menghalalkan cara-cara yang kurang baik. Sekali lagi, bagi Jepang: lakukan dan kontrol saja prosesnya dengan baik, hasil pasti mengikuti. Dengan kata lain, jika sumber daya baik, prosesnya baik maka hasilnya pun akan baik.

Apakah akan selalu begitu? Memang tidak 100% harus begitu. Dari sumber daya yang tidak baik pun kita bisa menghasilkan sesuatu yang baik. Namun, dalam prosesnya akan membutuhkan effort/usaha yang lebih besar. Dan ujung-ujungnya akan kembali lagi, lebih baik mengontrol prosesnya dari awal (sumber daya) hingga akhir, untuk mendapatkan hasil yang sama baiknya, tetapi dengan usaha yang tidak berlebih (mubazir).

Jepang juga percaya bahwa segala sesuatu itu butuh proses, dan proses itu bisa saja kita yang melakukan, bisa juga orang lain. Yang pasti, proses harus dilakukan dengan benar. Jika kita membaca sejarah Toyota atau Honda, tidak ada quantum leap di situ. Semua proses dilakukan teratur tahap demi tahap.

Nah, dalam menghasilkan dollar dari blog, apakah kita sudah melakukan prosesnya dengan benar? Apakah kita sudah menjalani proses tahap demi tahap seperti seharusnya? Tidakkah kita hanya silau dengan pendapatan para master yang menyentuh 4 digit (baca: result oriented) ?

Oke. Mari kita review lagi blog kita dan semoga ada peluang perbaikan dari sana. Dan semoga ke depan blogger Indonesia mampu mendatangkan devisa ke tanah air tanpa kita harus menjadi TKI ilegal ke luar negeri.

Selamat Pagi, Bahoomian! Ini adalah tulisan pemanasan, semoga akhir pekan Anda sangat bermanfaat buat keluarga. Sukses untuk Anda !

Related Post



46comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites