10 January 2010 | 73 comments | Sibaho Way

Cara Menulis Review yang efektif untuk advertiser

Add to Technorati FavoritesBagaimana menulis sebuah review yang efektif ketika mendapat tugas dari broker PTR? Kesulitan dalam hal kosa kata atau tata bahasa sebenarnya bisa disikapi lewat kamus, google translate atau software penerjemaah seperti transtool.

Kesulitan sebenarnya justru: Tidak tahu apa yang mau ditulis! Jika hanya karena kita kurang mengetahui 'product knowledge', ini masih bisa diselesaikan dengan membuka situs resmi produk atau jasa yang akan di-review.
Apakah setelah kita mengetahui produk / jasa yang akan di-review permasalahan selesai? Belum tentu. Konten review yang kurang menarik dan tidak memenuhi keinginan advertiser bisa menyebabkan review yang kita sodorkan ditolak (rejected). Advertiser menginginkan sebuah review yang wajar dan natural di mata umum.

Berikut adalah sistematika menulis review yang biasa saya lakukan, dimana sejauh ini belum pernah ditolak oleh advertiser (berbeda ketika baru-baru menulis review dengan gaya semau gue). Ada 5 bagian dalam menulis sebuah review.
  1. Pendahuluan
    Pada bagian ini tulis mengapa Anda menulis produk / jasa 'X'. Ingat! Jangan tulis bahwa Anda sedang menulis sebuah review. Jika Anda akan mereview 'ngeblog dengan blogger', ceritakan saja bagaimana Anda tadinya ngeblog dengan wordpress kemudian beralih ke blogspot.
  2. Latarbelakang
    Pada bagian ini silahkan tulis tentang produk atau jasa yang akan di-review. Produksi siapa, milik siapa, bekerjasama dengan siapa, kapan mulai beroperasi dan sebagainya.
  3. Keunggulan
    Bagian ini menuliskan keunggulan produk atau jasa yang kita review. Sumbernya bisa dari 'product knowledge' yang ada pada website atau testimoni dari orang lain. Bisa juga dari sisi pandang kita sendiri.
  4. Kekurangan
    Agar terlihat berimbang, kita juga bisa menuliskan satu kekurangan dari produk atau jasa yang kita review. Namun jangan menulis kekurangan yang mayor. Tuliskan saja kekurangan umum yang juga banyak dimiliki oleh produk atau jasa sejenis.
  5. Kesimpulan
    Pada bagian pamungkas ini, kita wajib membuat kesimpulan sekaligus ajakan untuk menggunakan produk atau jasa, mengajak membuka website resmi produk/jasa yang kita review. Di sini juga kita bisa menulis keputusan kita untuk menggunakan produk atau jasa yang kita review.
Sebenarnya ada cara lain untuk menulis review yang potensial juga akan disetujui oleh advertiser. Namun daripada susah-susah, mengapa tidak menulis dengan sistematika di atas? Dijamin review yang Anda tulis langsung disetujui (approved) oleh advertiser (diluar kendala bahasa tentunya). Ini artinya akan ada dollar yang mengalir ke paypal dan blog Anda akan semakin dipercaya menulis review :D Asyik kan ?

Sudah mendaftarkan blog Anda ke broker-broker Paid to Review ? Ini broker PTR yang saya ikuti, klik saja untuk mendaftar (referral saya) :

Related Post



73comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites