05 March 2009 | 34 comments | Sibaho Way

Pentingnya kejujuran dalam memasarkan sesuatu

Saya teringat salah satu pelajaran dari sebuah buku karangan Frank Bettger (ini buku jadul banget lho) yang mengatakan pentingnya kejujuran dalam memasarkan sesuatu. Jujur itu tidak ada takarannya, jujur 75% atau 99%. Orang hanya tahu Anda jujur atau tidak jujur, walaupun unsur ketidakjujuran itu hanya 0,0000sekian persen.

Diceritakan, wiraniaga yang menjual sebuah properti yang tidak terlalu jauh dari rel kereta api. Dia sengaja mengajak calon pembeli melihat rumah tersebut pada saat jam kereta akan melintas. Dia sengaja menunjukkan, salah satu 'keburukan' membeli rumah tersebut adalah mendapatkan suara sedikit berisik pada jam-jam tertentu. Dia pun memberikan solusi, menghadiahkan sebuah home theater untuk ditonton saat kereta lewat. Win-win solution? Hari itu wiraniaga tersebut berhasil menutup sebuah penjualan dan direkomendasikan untuk temannya yang lain. Wow!

Merembet ke pemasaran atau promosi lewat iklan. Sejumlah iklan rokok (baik di media cetak maupun elektronik) menurut saya kurang fair karena tidak secara jujur menyampaikan keburukan merokok sebagai materi iklan. Kalau pun ada tulisan peringatan itu, saya melihatnya hanya sebagai formalitas di akhir iklan.

Djarum Black harus berani menerobos pakem iklan rokok yang selalu mengharu biru, nasionalis, jantan, obsesif dan lain-lain. Ceritakan dengan jujur bahwa akibat merokok ini sangat berbahaya. Buat masyarakat mengerti akan kerugian merokok bagi remaja, ibu hamil dan menyusui, terutama bagi mereka yang memang tidak mampu membeli rokok atau tidak mampu berobat jika sakit akibat rokok.
Saya yakin MUI akan mendukung iklan itu dengan mengeluarkan fatwa baru: halal menonton iklan rokok Djarum Black Slimz.

Tapi, tetap harus ada solusi bagi para perokok dewasa yang tidak diharamkan. Djarum Black Slimz solusinya. Ukuran semakin ramping dan kecil (nikotin mestinya berkurang dong?) tanpa harus mengalami mati gaya dan mengurangi kenikmatan ritual sehabis makan pedas yang amis, saat suasana dingin. Mantap!
Syukur-syukur harga juga bisa lebih bersahabat dan selalu bisa menyisihkan dana untuk kemajuan sepak bola nasional.

Kembali lagi ke konsep iklan yang jujur. Apakah ini bisa mendongkrak penjualan? Tidak ada jaminan mungkin. Tetapi selalu ada kejutan dalam setiap terobosan yang unik. Berani coba Djarum Black Slimz?

Selamat Siang, Blogger! Salam hangat dari sibaho untuk Anda sekeluarga ( maaf salamnya standar banget :D )

Related Post



34comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites