07 February 2009 | 14 comments | Sibaho Way

Time

Fakta :
  1. Kalau kita masih ingat pelajaran fisika atau kimia semasa sekolah (baru inget doang udah puyeng) dimana sangat banyak rumus yang mengandung variabel waktu.
  2. Waktu ternyata sumber daya yang belum bisa (paling tidak hingga saat ini) direkayasa dan terbatas.
  3. Banyak pepatah tua, time is money, waktu adalah pedang.
Ke depan, waktu akan semakin berharga. Hampir setiap produk atau pun jasa harus memasukkan nilai tambah dari sisi 'waktu' di dalamnya. Apa yang kita beli dari tiket pesawat? Waktu. Apa yang kita beli dari telepon genggam? Waktu juga. Apa yang kita beli dari magic jar? Masih waktu. Apa yang kita beli dari notebook? Waktu kan? Apa yang kita beli dari toko online? Jujur saja: waktu!

Malangnya manusia belum berhasil menambah sehari lebih dari 24 jam atau sekadar memutar ulang waktu. Sebagaimana layaknya, rumus baku: profit (manfaat) = Masukan (sumberdaya) - Keluaran (pemakaian), dimana masukan masih tetap 24 jam sementara kita ingin menaikkan manfaat, maka jalan satu-satunya adalah dengan menghemat pemakaian waktu. Walau kadang kita harus membayar lebih untuk 'membeli' waktu tersebut. Tidak apa-apa, yang penting kita masih bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Ada lagi, karena pada setiap produk/jasa sudah ditanamkan efisiensi waktu, ternyata berefek pada umur pakai. Kita sebut saja produk tersebut sebagai produk berteknologi tinggi. Salah satu ciri dari produk berteknologi tinggi adalah: umur pakai (lifetime) yang semakin pendek, baik karena mutu maupun karena dikanibal oleh teknologi itu sendiri. Lihat motor jadul, sampai sekarang masih awet. Lihat juga telepon genggam tahun 2000 yang sampai sekarang masih tahan banting. Lagu-lagu Beatles, siapa yang tidak tahu walaupun anak zaman sekarang. Coba lihat lagu-lagu yang hits sekarang, 2 bulan lagi juga tenggelam.

Apakah aktivitas ngeblog buang-buang waktu? Sepanjang mendatangkan manfaat (manfaat lebih banyak daripada waktu terpakai), tidak! Tapi kalau ngeblog tujuannya hanya untuk menghabiskan waktu, lebih baik alihkan dengan kegiatan yang lebih bermakna. Hargai waktu yang telah diberikan oleh Tuhan.
Hhhmmmmmm, jika ingat umur, seandai saya diberi umur hingga 60 tahun, berarti tinggal tersisa 25 tahun lagi.

Related Post



14comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites