29 October 2011 | 221 comments | Sibaho Way

Di setiap kesulitan pasti ada peluang !

Dampak banjir Thailand akhirnya sampai ke Indonesia. Sejumlah pasokan komponen untuk pabrik-pabrik di Indonesia terhenti. Yang suka bilang: hidup mengalir seperti air, sekarang bisa melihat kan, bahwa aliran air pun jika tidak di-manage dengan benar bisa merusak!

Di berita-berita disebutkan bahwa air surut diperkirakan 2 hingga 4 minggu lagi. Proses recovery-nya mungkin lebih dari sebulan atau lebih lama lagi. Artinya masalah ini masih akan lama. Apa yang akan terjadi?

Pertama, biasanya pabrik-pabrik terkait akan melakukan pengetatan di semua sisi. Mulai dari pending pembelian raw material sampai yang paling ekstrim merumahkan para karyawan. Apalagi? Yang jelas semua itu dilakukan untuk menjaga kestabilan dan kelangsungan hidup perusahaan, yang pastinya semua stakeholders terkait.

Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kejadian ini. Betapa negara kita memiliki ketergantungan yang tinggi dengan negara lain seperti Thailand. Padahal dari berbagai aspek Indonesia jauh lebih unggul dari Thailand. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Banyaklah kejadian di masa lalu yang membuat seperti itu.

Momen ini bisa jadi pemicu kita untuk menangkap peluang besar ini. Bahwa seburuk-buruknya pengelolaan bisnis dan lingkungan di Indonesia, belum pernah separah yang terjadi di Thailand saat ini. Bisakah kita meyakinkan investor soal ini ? Siapa yang harus berperan menindaklanjuti?

Pemerintah, Pengusaha dan Serikat Buruh harus melihat ini sebagai peluang bersama. Sumberdaya kita berlimpah dibanding Thailand dan negara-negara lainnya. Dan masih cukup banyak alasan lainnya untuk memindahkan produksi komponen-komponen inti itu dari Thailand (dan negara-negara lainnya) ke Indonesia. Dan yang terpenting, jangan sampai kehilangan momen ini !

Terakhir, semoga saja badai ini cepat berlalu hingga tidak sampai mengganggu roda ekonomi perusahaan, para karyawan, lingkungan masyarakat sekitar dan Indonesia secara umum.
Buat yang terkena dampak, ini juga peluang kok untuk menaikkan kompetensi kita sambil mencari peluang-peluang lainnya.
Tetap semangat, Kawan-kawan!!

Related Post



221comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites