08 May 2009 | 38 comments | Sibaho Way

Agar Tidak Kehabisan Ide

Jangan biarkan ide Anda hilang terbang melayang. Siapa yang bilang: sedang tidak punya mood menulis, sedang gak punya ide, otak blank tidak ada bahan, mati ide plus mati gaya, kehabisan ide. Itu tidak benar Bahoomian.

Ide tidak pernah habis. Catat itu. Kita (iya, saya dan Anda), sebenarnya tidak pernah kehabisan ide. Yang ada kita menyia-nyiakan ide. Ide selalu berhamburan lewat depan mata, telinga dan rasa kita. Cuma, kita sering membiarkan mereka lewat begitu saja.

Ketika sedang ngobrol bareng teman, biasanya ada ide. Sedang baca koran atau browsing, timbul ide. Sedang makan, mandi, bengong, nonton tivi, ide bermunculan. Di kantor, di rumah, di kamar mandi, di toilet, di mal, di rumah sakit, di pos ronda, ide juga banyak berseliweran.

Cuma sayangnya, kita tidak langsung menangkap dan mengurung ide itu. Kita terlalu percaya bahwa otak kita yang terbatas ini mampu menyimpan semua ide itu, dan berharap sesampai di depan komputer nanti bisa dituangkan dalam bentuk tulisan. Dan ketika di depan komputer, ide itu hilang tak berbekas. Dan anehnya lagi, ketika kita sedang tidak di depan komputer, ide itu muncul lagi menari-nari di depan hidung.

Jika begitu, segeralah tangkap dan kurung. Ambil pulpen dan secarik kertas. Syukur-syukur jika kemana-mana Anda membawa blocknote atau notes kecil. Tulis pokok pikiran dari ide itu. Masalah nanti dikembangkan menjadi tulisan yang baik atau tidak, itu lain soal. Yang penting, tangkap dulu.

Bagaimana jika tidak ada kertas atau pulpen? Umpama ide muncul pas lagi mancing (cukup aneh kalau mancing bawa kertas dan pulpen), bagaimana dong? Ya, ambil saja HP Anda. Ketik SMS dan simpan sebagai draft. Atau, aktifkan perekam suara dan silahkan ngemeng. Kenapa? Tidak punya HP? No comment deh :P

Lakukan terus begitu dan dijamin Anda tidak akan pernah kehabisan ide tulisan. Saya yakin seyakin-yakinnya, bahwa kita sering mendapat ide ketika sedang tidak di depan komputer. Ingat, tangkap dan kurung!

Selamat Sore, Bahoomian!! Salam hangat sibaho menemani Anda sekeluarga berakhir pekan.

Related Post



38comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites