26 February 2011 | 29 comments | Sibaho Way

People Excellence

Dalam Basic Mentality ada satu pilar yang sangat memegang peranan penting dalam suatu organisasi perusahaan, yaitu PEOPLE EXCELLENCE.
Basic Mentality atau Mentalitas Dasar merupakan cara berpikir, cara bertindak dan cara berperilaku dalam pekerjaannya sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai atau budaya perusahaan. Posisi Mentalitas Dasar ini dalam sebuah perusahaan adalah pondasi.
PEOPLE EXCELLENCE
Untuk mencapai People Excellence ada 4 hal yang harus dipenuhi, yaitu :
  1. Speak by Data
    • Integrity
    • Awareness
  2. Burning Desire
    • Bekerja sampai tuntas
    • Compliance terhadap SOP
    • SMART Concept
  3. Don't Blame Others
    • Menghargai
    • Bertanggungjawab
    • Memiliki keuletan
    • Disiplin
  4. Spirit to be A Champion
    • Pembelajaran berkesinambungan
    • Berpikir kreatif
    • Menangani perubahan
INTEGRITAS
Integritas diartikan lebih dari sekedar kejujuran dan ketulusan. Integritas berarti 'kesempurnaan, sesuatu yang meyeluruh, atau keadaan tanpa cacat'. Semakin besar integras pribadi yang kita miliki, semakin besar pula kesempurnaan kita sebagai manusia. Ini berarti apa yang dikatakan dan dilakukan saling selaras satu sama lain.
Integritas ini memang terlihat sepele, tetapi ini menjadi penyakit kronis di banyak perusahaan. Banyak yang bisa merencanakan, mencanangkan tetapi hanya berhenti sampai di situ. Banyak yang tidak melakukan apa-apa yang sudah direncanakan, bahkan dalam tahap perencanaan pun banyak hal yang terlewatkan dari apa yang sudah distandarkan. Singkatnya roda PDCA (Plan-Do-Check-Action) tidak dijalankan.


AWARENESS
Sikap sadar dan peduli terhadap segala hal sekecil apapun yang nantinya berdampak penting terhadap proses kerja perusahaan, seperti kesadaran untuk mencatat, memberikan informasi dan mengkomunikasikan hal-hal penting sesuai dengan apa adanya.
Problem Awareness atau Problem Consciousness yang lemah dapat menurunkan kinerja atau pencapaian perusahaan. Menganggap remeh hal-hal kecil padahal bisa jadi salah satu control point menunjukkan kepedulian yang rendah. Pembiaran masalah-masalah kecil juga dikhawatirkan akan membuat ba'al hingga masalah yang besar.

(bersambung)

Related Post



29comments:

Post a Comment

Berkomentar yang wajar ya kawan :)

Supporting Websites